Info Jalan Jalan Favorit

Informasi seputar tempat jalan paing favorit

Kuliner Kota Tasikmalaya

Kuliner Kota Tasikmalaya

Sebelum kita bahas tentang Kuliner kota Tasikmalaya, mari kita simak terlebih dahulu sekilas pandang tentang Kota Tasikmalaya.

Sang Mutiara dari Priangan Timur itulah julukan bagi kota Tasikmalaya. Kota Tasikmalaya terletak di jalur utama selatan Pulau Jawa di wilayah provinsi Jawa Barat yang secara geografis terletak di bagian Tenggara wilayah Propinsi Jawa Barat, jika dari bandung dengan perjalanan darat memerlukan sekitar 3 jam perjalanan.

Kota Tasikmalaya dikenal sebagai Kota Santri, khususnya di era sebelum 1980-an karena hampir di seluruh di wilayah ini tersebar pondok pesantren yang mengajarkan agama Islam, baik pondok besar maupun kecil, bahkan melahirkan tokoh perjuangan nasional di antaranya adalah Zainal Mustafa.

Kota Tasikmalaya merupakan pusat pendidikan ketiga terbesar di Jawa Barat setelah Bandung dan Bogor, hal ini dibuktikan oleh banyaknya institusi pendidikan yang berada di kota ini dan Kota Tasikmalaya berada persis di tengah-tengah jantung bumi Priangan Timur dan Selatan, maka tidak heran kalau Kota Tasikmalaya dijadikan sebagai pusat dan sentra bisnis Priangan Timur dan Selatan.

Nah Kota Tasikmalaya ini terkenal dengan Kuliner Kota Tasikmalaya, apa saja ? yuk mari kita simak berikut ini :

Nasi TO (Tutug Oncom) Mr Rahmat

Kuliner kota tasikmalaya - Nasi Tutug Oncom

Warung Nasi TO Mr. Rahmat lokasinya di Jl. BKR (yang menghubungkan Jl. Siliwangi UNSIL – Dadaha) Kota Tasikmalaya. Nasi Tutug Oncom atau Sangu Tutug Oncom dalam Bahasa Sunda sering disingkat Nasi T.O adalah makanan yang dibuat dari nasi yang diaduk dengan oncom goreng atau bakar. Penyajian makanan ini umumnya dalam keadaan hangat. Secara bahasa, kata tutug dalam Bahasa Sunda artinya menumbuk.

Mie baso Laksana

Kuliner kota tasikmalaya - Mie Baso Laksana

Mie Baso (Bakso) Laksana yang berada di Jalan Pemuda, berada persis di pusat Kota Tasikmalaya, menurut wiryanto sang pemilik, Ciri khas Mie Baso Laksana ini adalah Mie nya dibuat sendiri dan dibuat perhari, jadi jika mie nya habis, maka langsung dibuat saat itu juga, itu juga yang menjadi mie tetap segar dan enak rasanya tanpa pengawet. Kemudian yang menjadi ciri khas lainnya adalah sambal bawang, sambal khas Tasikmalaya yang terbuat dari sambal, bawang putih, dan sedikit cuka.

Bubur Zaenal

Kuliner kota tasikmalaya - bubur zaenal kalektoran

Tasik dikenal juga dengan Kota Bubur, banyak sekali pedagang bubur di Tasikmalaya dan rasanya juga enak-enak semua. Namun yang paling terkenal adalah Bubur Zaenal Kalektoran yang berada di pusat kota, dekat dengan Masjid Agung tepatnya di jalan ikik wiradikarta atau orang tasik menyebutnya daerah kalektoran.

Kupat Tahu Kabita

Kuliner kota tasikmalaya - kupat tahu kabita

Dari sekian banyak penjual kupat tahu di tasikmalaya, Kupat Tahu Kabita yang terletak di jalan Tarumanagara adalah yang sangat terkenal. Kupat tahu Kabita berbahan dasar utama ketupat dan tahu yang dipotong-potong dan dicampur dengan bumbu kacang. Tahu yang digunakan ada tiga pilihan, ada yang biasa, digoreng setengah matang dan tahu yang digoreng hingga kering

Es Sirop Bojong

Kuliner kota tasikmalaya - es sirup bojong

Tidak lengkap ke tasik jia tidak mampir ke es sirop bojong yang sangat terkenal di Kota Tasikmalaya ini, Berada di lokasi yang jauh dari keramaian, dan bahkan tidak dilalui oleh kendaraan umum yang terletak di Jl. Ampera Barat No. 207. Berikut bahan-bahan yang ada di Es Bojong adalah Ketan item, Nanas, Kelapa muda, Alpukat, Cincau dan bisa ditambahkan Durian jika suka.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *